Informasi penting untuk sehat ibu hamil

http://4.bp.blogspot.com/-TDSGihH2ehs/UvOyNJRqMoI/AAAAAAAAAAc/tVKH64_s2TM/s1600/2.gif
Bookmark and Share

Informasi penting khusus untuk kehamilan ini ibu jenius dedikasikan untuk para bumil yang sedang menunggu atau dalam proses kehamilan, agar tumbuh kembang janin lebih terkontrol dan tentunya sehat wal afiat.  Persiapan menanti lahirnya anak tidak terbatas pada persiapan baju, pakaian dan aksesories bayi lainnya namun persiapan agar bayi sehat pun perlu di persiapkan pula.

Beberapa informasi penting tentang tips sehat ibu hamil selama masa kehamilan ini  harus menjadi perhatian serius untuk para bumil semua mulai dari makanan yang sehat, buah buahan dan suplemen dan vitamin untuk menunjang tumbuh kembang bayi dan ibunya.

Berikut ini informasi penting untuk sehat ibu kehamilan yang wajib di ketahui dan di laksanakan selama masa kehamilan:

a. Jalin komunikasi dengan dokter anda sejak awal kehamilan, minimal sebulan sekali periksa koandungan ke dokter, dan intesifkan pemeriksaan pada bulan2 menjelang kelahiran. Konsultasikan setiap keluhan yang bumil rasakan agar bisa cepat di berikan solusi perawatan lebih intensif.

B. Perketat penerapan pola makan dan pola hidup yang sehat, untuk pola makan; makan makanan sayuran dan buah2an organik/alami dan pola hidup; hindari stress dan fikiran buruk lainnya.

C. Buah jauh jauh rokok.
Rokok hanya akan membawa banyak masalah kesehatan anda baik peroko pasif maupun aktif. Merokok akan mengkibatkan bayi lahir dengan berat badan di bawah normal, kekebalan tubuh buruk, dan resiko keguguran.

D. Perbanyak minum air putih.
Dengan minum air putih yang cukup akan dapat meningkatkan volume darah bumil. Minum air minimal enam gelas setiap hari, bisa air putih saja atau makanan dan buah lainnya yang banyak mengandung air. Cara mengecek apakah bumil cukup minum air putih adalah dengan melihat warna air seni bumil, kalau berwarna putih jernih atau warna kuningnya sedikit untuk menunjukan bahwa asupan air putih cukup atau bagus, kalau warnanya terlalu kuning itu menunjukan kurang minum air putih.

E. Asupan suplemen dan nutrisi yang cukup dan seimbang, dengan mengkonsumsi makanan dan buah, motto 4 sehat 5 sempurna bisa di terapkan.

F. Konsumsi nutris asam folat yang cukup, minimal 400 gr perharinya, sangat penting di konsumsi pada awal awal masa hamil, untuk mencegah bayi lahir cacat pada sistem saraf dan tulang belakang. Makanan yang mengandung asam folat adalah kacang2an, beras merah, sereal dan buah
jeruk, sari kurma juga bagus kandungan asam folatnya.

H. Komsumsi vitamin penambah darah. Zat besi dalam vitamin tambah darah minimal 30 miligram perhari di anjurkan selama kehamilan atau sesuai dengan petunjuk dokter agar bumil terhindar dari anemia dan resiko pendarahan saat kelahiran.

H. Jaga kebersihan tangan.
Khusus setelah tangan kontak langsung denga dagingz, dengan sering cuci tangan akan memutus penyebaran kuman dan virus bakteri.

I. Perhatikan diri anda sendiri.
Selalu konsultasikan segala masalah yang terjadi atas diri dan kondisi kehamilan anda seperti mual, pusing atau nyeri, berat badan dll kepada dokter anda.

J. Jangan minum obat sembarangan. Pastikan obat yang bumil makan aman dan sesuai resep dokter spesialis kandungan.

K. Bergabung dalam komunitas ibu hamil untuk mengetahui dan saling sharing pengalaman tentang hal hal yang berhubungan dengan kehamilan.

L. Lakukan aktifitas normal, jangan malas.
Dengan aktifitas akan melatih stamina anda dalam menghadapi persalinan tapi dengan porsi yang tidak membahayakan janin, seperti jalan kaki dll.

M. Sering makan.
Sering sering makan tapi sedikit sedikit, ini sangat bermanfaat bagi anda yang mual setelah makan, agar stamina anda tetap terjaga.

N. Persiapkan segala sesuatu untuk menyambut kelahiran anak anda seperti popok, baju, tempat tidur bayi dll, agar anda tidak repot dua kali, repot ngurus bayi dan repot membeli perabotan bayi.

O. Jangan berendam dengan air panas karena berbahaya bagi janin.

P. Hindari makanan, khususnya daging yang kurang matang.

Q. Perhatikan saat bumil pipi, bila saat pipis terasa panas dan nyeri cepat konsultasikan ke dokter.

R. Kendalikan berat badan, terlalu kurus dan terlalu gemuk dapat bermasalah serius pada janin.

S. Lakukan vaksinasi khusus kehamilan dengan sesuai anjuran dokter.

T. Jangan lakukan rontgen atau sinar X ray.

U. Ciptakan linkungan yang sehat dan edukatif untuk bayi anda.

V. Lakukan posisi istirahat yang benar yaitu dengan berbaring menghadap menyamping ke kiri, hal ini akan membuat sirkulasi darah janin lancar dan menghindari pembengkakan pada tungkai kaki.

Itulah informasi penting untuk sehat ibu hami selama masa kehamilan.
Semoga bermanfaat.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar